Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
- Pembelajaran Kooperatif (PK) adalah pembelajaran yang dirancang agar siswa bekerja dalam tim atau kelompok untuk mencapai tujuan belajar.
- Tim atau kelompok itu diharapkan terdiri atas siswa-siswa yang berprestasi rendah, sedang, dan tinggi. Bahkan apabila mungkin terdiri atas campuran ras, budaya, dan gender.
- Tujuan belajar yang dimaksud di atas adalah prestasi akademik, toleransi dan penerimaan terhadap keanekaragaman perbedaan, dan pengembangan keterampilan sosial. (Areds, Richard I, 2007:5)
- Untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama
- Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah
- Jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang heterogen ras, suku, budaya, dan jenis kelamin, maka diupayakan agar tiap kelompok terdapat keheterogenan tersebut.
- Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan.
Tujuan Pembelajaran Kooperatif
- Hasil belajar akademik , yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalm tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
- Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang.
- Pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan social siswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok.
Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif
Fase
|
Indikator
|
Kegiatan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai menekankan
pentingnya topik. dan memotivasi siswa belajar
|
2
|
Menyaikan informasi
|
Guru menyajkan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan
demonstrasi atau melalui bahan bacaan
|
3
|
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagamana cara
membentuk kelompok dan
membimbing setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efektif dan efisien
|
4
|
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
|
Guru membimbing kelompok -kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas
|
5
|
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil kerja siswa tentang materi
yang telah dikuasai atau masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerjanya
|
6
|
Memberkan penghargaan
|
Guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belaja individu
maupun kelompok
|
Contoh!
Kelas : I , Tema : Komputer, Subtema : Bagian-bagian Komputer
Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Fase Ke 1
Menyampaikan tujuan
Memotivasi Siswa
|
· Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
tuiuan pembelajaran
· Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal
yang terkait dengan pembelajaran, misalnya apa saja komponen yang ada di computer
· Siswa difasilitasi guru agar dapat memahami
setiap komponen computer ada fungsinya masing-masing, misalnya monitor untuk
melihat,keyboard untuk mengetik, speaker untuk mendengarkan dan lain-lain
|
Fase Ke 2
Menyajikan Informasi
|
· Siswa membaca bahan bacaan yang disediakan
oleh guru, misalnya Modul Pengenalan computer
· Siswa mengamati gambar tentang komponen-komponen
computer
|
Fase Ke 3
Mengorganisasikan Siswa
Kedalam kelompok-kelompok belajar
|
· Siswa dibagi menjadi bebarapa kelompok,setiap
kelompok terdiri atas 5 orang
· Semua siswa membaca Modul Pengenalan Komputer
· Siswa dalam kelompok dibagi tugas untuk
mengamati komponen-komponen computer. Misalnya siswa A mengamati monitor,
siswa B mengamati PC, dan seterusnya
|
Fase Ke 4
Membimbing kelompok
Bekerja dan belajar
|
· Siswa membuat table komponen-komponen computer
dan fungsinya berdasarkan gambar yang diamati
· Table dibuat secara berkelompok, setiap siswa
berkontribusi sesuai gambar yang diamatinya
· Siswa bertanya kepada guru apabila ada proses
kerja yang belum dipahami, guru menjawab dan memberi bimbingan sesuai
kebutuhan
|
Fase Ke 5
Evaluasi
|
· Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja
kelompok. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru ketika table yang dibuat
oleh kelompok masih perlu diperbaiki
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil
kerjanya, kelompok yang lain menanggapi
|
Fase Ke 6
Memberikan penghargaan
|
· Hasil kerja kelompok diberi skor oleh guru
· Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor
yang diperoleh
· Kelompok mendapat penghargaan dari guru
|
EmoticonEmoticon