Model Pembelajaran Kooperatif


Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
  • Pembelajaran Kooperatif  (PK) adalah pembelajaran yang dirancang agar siswa bekerja dalam tim atau kelompok untuk mencapai tujuan belajar.
  • Tim atau kelompok itu diharapkan terdiri atas siswa-siswa yang berprestasi rendah, sedang, dan tinggi. Bahkan apabila mungkin terdiri atas campuran ras, budaya, dan gender.
  • Tujuan belajar yang dimaksud di atas adalah prestasi akademik, toleransi dan penerimaan terhadap keanekaragaman perbedaan, dan pengembangan keterampilan sosial.  (Areds, Richard I, 2007:5)
Ciri Pembelajaran Kooperatif
  1. Untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama 
  2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah 
  3. Jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang heterogen ras, suku, budaya, dan jenis kelamin, maka diupayakan agar tiap kelompok terdapat keheterogenan tersebut. 
  4. Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan. 

Tujuan Pembelajaran Kooperatif 

  1. Hasil belajar akademik , yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalm tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit. 
  2. Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang. 
  3. Pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan social siswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok. 
Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif
Fase
Indikator
Kegiatan Guru
1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai menekankan pentingnya topik. dan memotivasi siswa belajar
2
Menyaikan informasi
Guru menyajkan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui bahan bacaan
3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok- kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagamana cara
membentuk kelompok  dan membimbing setiap kelompok  agar melakukan transisi secara efektif dan efisien
4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok -kelompok belajar pada saat  siswa mengerjakan tugas
5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil kerja siswa tentang materi
yang telah dikuasai atau masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerjanya
6
Memberkan penghargaan
Guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belaja individu maupun kelompok
Contoh!
Kelas : I , Tema : Komputer,  Subtema : Bagian-bagian Komputer

Sintaks
Kegiatan Pembelajaran
Fase Ke 1
Menyampaikan tujuan
Memotivasi Siswa
·    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tuiuan pembelajaran
·    Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang terkait dengan pembelajaran, misalnya apa saja komponen yang ada di computer
·    Siswa difasilitasi guru agar dapat memahami setiap komponen computer ada fungsinya masing-masing, misalnya monitor untuk melihat,keyboard untuk mengetik, speaker untuk mendengarkan dan lain-lain
Fase Ke 2
Menyajikan Informasi

·    Siswa membaca bahan bacaan yang disediakan oleh guru, misalnya Modul Pengenalan computer
·    Siswa mengamati gambar tentang komponen-komponen computer
Fase Ke 3
Mengorganisasikan Siswa
Kedalam kelompok-kelompok belajar

·    Siswa dibagi menjadi bebarapa kelompok,setiap kelompok terdiri atas 5 orang
·    Semua siswa membaca Modul Pengenalan Komputer
·    Siswa dalam kelompok dibagi tugas untuk mengamati komponen-komponen computer. Misalnya siswa A mengamati monitor, siswa B mengamati PC, dan seterusnya
Fase Ke 4
Membimbing kelompok
Bekerja dan belajar

·    Siswa membuat table komponen-komponen computer dan fungsinya berdasarkan gambar yang diamati
·    Table dibuat secara berkelompok, setiap siswa berkontribusi sesuai gambar yang diamatinya
·   Siswa bertanya kepada guru apabila ada proses kerja yang belum dipahami, guru menjawab dan memberi bimbingan sesuai kebutuhan
Fase Ke 5
Evaluasi

·    Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja kelompok. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru ketika table yang dibuat oleh kelompok masih perlu diperbaiki
·    Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi
Fase Ke 6
Memberikan penghargaan

·   Hasil kerja kelompok diberi skor oleh guru
·   Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor    
    yang  diperoleh
·   Kelompok mendapat penghargaan dari guru

  
Previous
Next Post »